November 20, 2011

Kita Tidak Boleh Mencintai Orang Lain Sebelum Mencintai Diri Sendiri
Maha suci Allah yang mengurniakan pelbagai kenikmatan kepada sekalian hamba-Nya. Allah Maha Mengetahui yang mengurniakan cinta kepada kalangan manusia. Hidup manusia tidak terasa lengkap tanpa kehadiran cinta. Itu satu hakikat dengan fitrah insan yang sentiasa ingin disayangi dan menyayangi.

Allah tidak melarang hamba-Nya bercinta. Malah, Dia yang mengurniakan perasaan itu dalam hati setiap manusia. Beruntunglah bagi sesiapa yang menyucikan cinta.

Cinta nikmat bagi hati setiap insan. Tanpa cinta, manusia akan terus hidup dalam kesakitan dan kesukaran. Tanpa cinta, manusia akan saling benci membenci. Manusia akan hilang perikemanusiaan. Manusia akan sanggup menyakiti insan lain demi mencapai kepentingan diri.

Justeru, sucikanlah cinta dan suburkanlah perasaan itu dengan takwa kepada Yang Maha Esa.

Cinta yang ditafsir sebagai kasih dan sayang, dianugerahkan sejak awal penciptaan manusia. Ketika Nabi Adam di dalam syurga yang penuh kenikmatan, masih terasa ‘kekosongan’ di hatinya. Lantas, Allah Yang Maha Mengetahui, segera menciptakan seorang perempuan, Hawa bagi mengisi kekosongan tersebut. Maka, terisilah keresahan dan kekosongan yang sebelum ini membelenggu jiwa Adam.

Jelaslah, cinta sudah bermula sejak di syurga. Tanpa cinta, pasti akan ada kekosongan dalam jiwa manusia.

Syurga adalah matlamat setiap manusia yang beriman. Allah menjanjikan syurga kepada mereka yang mengamalkan segala perintah-Nya dan meninggalkan apa dilarang. Orang yang layak menghuni syurga adalah mereka dalam kalangan yang baik-baik iaitu para rasul, nabi, siddiqin, syuhada dan solihin. Pahala adalah mahar untuk memasuki syurga. Justeru, cinta juga boleh dijadikan alat untuk mencapai hasrat itu. Jadilah kita insan yang baik-baik agar tergolong dalam kalangan penghuni syurga.

Cinta dilahirkan di tempat baik (syurga), dianugerahkan Yang Maha Baik (Allah), dinikmati kali pertama oleh orang yang baik (Nabi Adam AS) dan diwariskan kepada orang-orang yang baik (para solihin). Cinta lahirnya di syurga dan akan berakhir di syurga.

Bercinta kerana Allah

Cinta sesama manusia hanya alat untuk mencapai cinta Allah. Untuk menjaga kesucian cinta, jadikan cinta Allah sebagai dasar untuk mencintai manusia.

Cinta adalah ‘hadiah’ daripada Tuhan. Maka, kita perlu menghargai cinta dengan mendahulukan ‘pemberi’. Cinta bukanlah pendahulu bagi segala-galanya. Jangan taasub dengan cinta hingga merana jiwa dan lupa daratan.

Peliharalah cinta kerana Allah. Sucikan cinta dengan perkara-perkara disukai Allah. Berkasih sayang sesama manusia kerana Allah. Bagaimanapun, jangan biarkan cinta pada manusia mendahului cinta pada Allah.

Sayangnya, dunia hari ini terlalu disemai dengan cinta abadi sesama manusia. Manusia yang sanggup lupakan keluarga dan sanggup mati kerana cinta. Manusia yang lumpuh seluruh jiwa kerana cinta. Sedangkan, Allah sepatutnya menjadi yang pertama dalam meraih cinta. Cinta sekadar alat pelengkap kekosongan jiwa, namun ia bukanlah segala-galanya.

Jangan biarkan jiwa terus hanyut kerana kekecewaan dalam cinta. Bacalah al-Quran kerana anugerah ketenangan jiwa dengan mengamalkannya adalah cinta daripada Allah. Seperti mana firman Allah:

Kami turunkan daripada al-Quran penawar-penawar dan rahmat bagi orang mukmin (al-Isra’: 82)

Begitu juga dengan amal ibadat lain. Jangan diabaikan kerana kita perlu cintai Allah melebihi segala-galanya. Ini termasuk mendirikan solat kerana menerusinya, kita mampu menghindarkan diri kita daripada ingkar terhadap ketentuan Allah dan dikurniakan ketenangan dalam hati.

Sentiasa menjaga peraturan cinta

Sebagaimana kurniaan lain, cinta dicetuskan dengan beberapa peraturan. Peraturan inilah yang mendorong manusia agar berada di landasan yang benar. Tanpa landasan ini, manusia akan tersasar kerana mengejar cinta.

Ia adalah syariat. Hukum halal (wajib), haram, sunat, makruh dan harus.

Jangan diabaikan yang wajib kerana cinta. Jauhilah yang haram kerana yang kemanisan dengan menempuh yang haram, maka akan berakhir dengan kepahitan. Bagi yang makruh dan harus, gunakanlah pertimbangan yang waras untuk melakukan atau meninggalkannya.

Pelihara cinta dalam rumah tangga

Cinta adalah ‘warisan’ Nabi Adam AS pada orang baik pada kemudian hari. Justeru, jadikanlah cinta sebagai alat untuk melakukan perkara yang baik-baik dalam rumah tangga.

Sabar, reda dan mujahadah semasa menjalankan tanggungjawab dan peranan dalam melayari bahtera rumah tangga.

Tiada rumah tangga yang tidak dilanda badai. Maka, tempuhilah ujian itu dengan penuh sabar dan ketenangan. Ingatlah, ujian datang tanda kasih sayang Tuhan kepada hamba-Nya. Semakin sayang Tuhan kepada kita, maka semakin hebat ujian diberi. Semuanya menuntut kesabaran dan ketakwaan.

Malah kecewa dalam bercinta di alam rumah tangga ujian kepada umat Islam selepas mengakui beriman kepada Allah.

Hal ini dijelaskan Allah dalam firman-Nya yang bermaksud:

Patutkah manusia menyangka bahawa mereka akan dibiarkan dengan hanya berkata: Kami beriman, sedang mereka tidak diuji (dengan sesuatu cubaan)? Dan demi sesungguhnya! Kami telah menguji orang-orang yang terdahulu daripada mereka, maka (dengan ujian yang demikian), nyata apa yang diketahui Allah tentang orang-orang yang sebenar-benarnya beriman dan nyata pula apa yang diketahui-Nya tentang orang-orang yang berdusta (al-Angkabut: 2-3).

Contohilah Ummu Sulaim yang mengingatkan suaminya bahawa anaknya adalah ‘pinjaman’ daripada Allah dan apabila anak itu kembali ke rahmatullah, ertinya ia dikembalikan kepada pemiliknya (Allah).

Mungkin contoh itu terlalu sukar untuk diteladani, namun contohilah ketabahan mereka dengan memaniskan wajah, menahan kata-kata yang buruk dan bertindak sebaiknya ketika ujian melanda rumah tangga.

Justeru, hadapilah setiap ujian dalam percintaan itu dengan tenang kerana yang terbaik sudah tentulah datangnya daripada Allah

Permata Dunia (wanita solikhah)


Saudariku…..
Sesungguhnya kejadianmu terlalu unik
Tercipta dari tulang rusuk Adam yang bengkok menghiasai taman-taman indah
Lantas menjadi perhatian sang kumbang.
Kau umpama sekuntum bunga Harum aromamu bisa menarik perhatian sang kumbang untuk mendekatimu
Namun….. Tidak semua bunga senang untuk didekati oleh sang kumbang
Lantaran duri yang memagari dirinya umpama mawar
Dari kejauhan sudah tercium akan keharumannya


Serta kilauan warnanya yang memancar indah
Mengundang kekaguman terhadap sang kumbang
Tapi awas duri yang melingkari
Bisa membuatkan sang kumbang berfikir beberapa kali untuk mendekatinya

Saudariku…..
Aku suka sekiranya kau seperti mawar
Yang tercermin pada setiap diri mujahidah
Bentengilah dirimu dengan perasaan malu
Yang bertiangkan rasa keimanan
Dan keindahan taqwa kepada Allah Hiasilah wajah mu dengan titisan wudhu
Ingatlah bahwa ciri-ciri seorang wanita solehah
Ialah ia tidak melihat kepada lelaki
Dan lelaki tidak melihat kepadanya.
Sesuatu yang tertutup itu lebih berharga
Jika dibandingkan dengan sesuatu yang tampak
Umpama sebutir permata yang dipamerkan buat perhatian umum dengan permata yang diletakkan dalam satu tempat yang tertutup
Sudah pastinya keinginan untuk melihat permata yang tersembunyi itu melebihi daripada yang terlihat.
Wanita solehah yang taat dan patuh pada Al Khaliq dalam melayari liku-liku kehidupannya
Adalah harapan setiap insan yang bernama Adam……

Namun ………..
Ia-nya memerlukan pengorbanan dan mujahadah yang tinggi Karena ia-nya bercangkang nafsu
Serakah materi yang bersarang dalam dirinya
Lebih-lebih lagi atribut gadis modern yang ianya miliki Sudah pastinya darah mudanya memudarkan rasa keimanan yang ada
Maka berhatilah saudariku

Namun ingatlah saudariku….
Sesiapa yang inginkan kebaikan Maka Allah akan memudahkan baginya jalan-jalan kearah itu
Yang Penting saudariku engkau mesti punyai azam, usaha dan keistiqomahan

Saudariku…..
Akuilah hakikat dirimu Menjadi fitnah kepada kebanyakan lelaki
Seandainya pakaian malumu kau tanggalkan dari tubuhmu maka sudah tidak ada lagi perisai yang dapat membentingimu…
Sesungguhnya nabi mengatakan tentang bahaya dirimu
” Tidak ada suatu fitnah yang lebih besar yang lebih bermaharajalela selepas wafatku terhadap kaum lelaki selain fitnah yang bersumber daripada wanita”
Oleh itu saudariku …
Setiap langkah dan tindakanmu Hendaklah bermanhajkan kepada Al Quran dan As Sunnah
Jangan biarkan orang lain mengeksploitasikan dirimu untuk kepentingan tertentu Sesungguhnya Allah telah mengangkat martabatmu sebaris dengan kaum Adam
Kau harapan ummah dalam melahirkan Para mujahid dan mujahidah
Yang bisa menggoncangkan dunia dengan sentuhan lembut tanganmu…..

Saudariku…
Dalam hidupmu pastinya Ingin disayangi dan menyayangi
Itulah fitrah setiap insani
Namun banyak diantara kamu yang terbutakan karena cinta…
Bercinta itu tidak salah
Tapi memuja cinta itu yang salah
Karena cinta buta manusia sanggup menjual agama
Dan karena cinta buta tergadai harga dirimu
Gejala murtad serta keruntuhan moral muda mudi sebahagian besarnya kerana sebuah cinta
Iya, itulah cinta buta Itulah cinta akan nafsu
Itulah lilitan kecintaan terhadap dunia

Saudariku…..maka sadarilah
Benarlah sabda Rasulullah SAW “Sesungguhnya cinta itu buta”
cinta itu mampu membutakan mata dan hatimu dalam membedakan perkara yang hak dan yang batil apabila kau meletakkan cinta itu atas dasar nafsu dan tidak karena Allah SWT…
Sebelum kau mendekati cinta, cintailah dirimu terlebih dahulu, mengkaji hakikat kejadianmu yang begitu simbolik, yang berasal daripada setitis air yang tak berharga lalu mengalami proses pembentukan yang direncanakan oleh Allah..
Semoga disana mampu melahirkan rasa keagungan dan kehebatan terhadapNya dan timbul rasa cinta dan kasih pada Penciptamu…………

**************************

Mengapa Kita sakit

Terapi Istigfar
Mengapa kia sakit? pertanyaan itulah yang sering muncul bila kita tertimpa sakit.Tentu anda bertanya-tanya kenapa?

Tidak ada seorangpun di muka bumi menginginkan dirinya sakit,tapi bila penyakit itu datang maka kita tak kuasa menolaknya,suka atau tidak suka,ikhlas atau tidak ikhlas,mau tidak mau penyakit itu akan bersemayam dalam diri kita atas ijin Allah.

Dalam perjalanan kehidupan manusia di Dunia,manusia harus melewati tiga keadaan penting,yaitu sehat,sakit dan mati.Kehidupan itu sendiri selalu diwarnai oleh hal-hal yang saling bertentangan,yang saling mengisi hidup ini tanpa kosong sedikitpun.Sehat dan sakit merupakan warna dan rona yang abadi yang selalu melekat dalam diri manusia selama dia masih hidup.Tetapi kebanyakan manusia terkadang memperlakukan sehat dan sakit secara tidak adil.Kebanyakan mereka menganggap sehat itu saja yang mempunyai makna.Sebaliknya sakit dianggap sebagai penderitaan dan beban hidup yang tidak bermakna sama sekali.Manusia yang berfikiran demikian,jelas pemikiran yang kurang benar,sebab Allah menciptakan sesuatu atau menimpakan sesuatu itu pasti ada hikmah atau pelajaran dibalik semua itu.(QS: ASH-SHAAD 27)

►Penyakit karena perbuatan sendiri

Artinya: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri,dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahan kamu”(QS Asy Syura ayat 3o)

Penyakit adalah salah satu musibah juga bukan? Dan itu disebabkan oleh kelakuan kita juga, dengan kata lain perbuatan kita jugalah yang menyebabkan sakit itu datang. Misal,kalau kita punya kebisaan merokok tentu akan menyebabkan paru-paru kita rusak yang pada akhirnya akan menimbulkan kanker paru-paru.

Atau seseorang yang punya kebisaan zalim, yang dengan kedua tangannya seenaknya saja berbuat semena-mena terhadap sesama,main pukul,main gampar sehingga seseorang merasa terzalimi.Tiba-tiba pada suatu waktu orang tersebut terkena stroke,sedangkan orang itu tidak hipertensi atau mengidap sesuatu yang menyebabkan stroke.Jadi penyebabnya tak lain adalah karena perbuatannya sendiri yang suka semena-mena terhadap sesama.

► Penyakit sebagai cobaan

" Dan sungguh Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan.Dan kepada Kamilah kalian kembali"(Al-Anbiya:35) cobaan dan penyakit merupakan tanda kecintaan Allah kepada hamba-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah ta’ala jika mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberi mereka cobaan.” (HR. Tirmidzi, shohih).

►Penyakit Menguatkan iman

Rasululah Saw bersabda : "Demi Allah bukanlah kekafiran yang aku khawatirkan atas kalian,akan tetapi justru aku khawatir kalau-kalau kemegahan dunia yang kalian dapatkan,sebagaimana yang diberikan oleh orang-orang sebelum kalian.Lalu kalian bergelimang dalam kemewahan itu sehingga binasa sebagaimana meraka bergelimangan dan binasa pula(HR : Bukhari)

►Penyakit menggugurkan/penghapus dosa-dosa
"Tidaklah seorang muslim ditimpa musibah satu penyakit
atau yang sejenis dengannya, melainkan Allah akan menggugurkan
bersamanya dosa-dosanya, seperti pohon yang menggugurkan
daun-daunnya.”(HR al-Bukhari dan Muslim)

ini merupakan keutamaan yang besar dari Allah Swt karena dengan sakit yang diderita oleh seorang muslim, dosa yang pernah dilakukannya bisa terhapus karena penderitaannya dalam menghadapi penyakit menjadi kafarat (penebus) dosanya,

Rasulullah Saw bersabda:

“Tiada seorang mu’min yang rasa sakit, kelelahan (kepayahan), diserang penyaki tatau kesedihan (kesusahan) sampai duri yang menusuk (tubuhnya) kecuali dengan itu Allah menghapus dosa-dosanya” (HR. Bukhari).



►Penyakit Mendapatka Pahala Dari Amal Kebaikan Yang Biasa Dilakukannya Diwaktu Sehat

Hal ini karena ia tidak bisa menjalankan amal kebaikan itu bukan karena ia tidak mau, tetapi karena ia dalam keadaan sakit. misalnya kalau kita biasa ke masjid untuk shalat berjamaah, tentu kita mendapatkan pahala yang besar, setiap langkahnya diangkat baginya satu derajat dan dihapuskan satu kesalahannya kemudian malaikat akan terus mengucapkan shalawat (memintakan ampunan) kepadanya, selama dia masih berada di ruangan shalat tersebut , namun pada saat kita sakit tentu tidak bisa ke masjid tapi kita tetap mendapat pahalanya.

Rasulullah Saw bersabda:

“Apabila salah seorang hamba sakit atau bepergian (safar), maka Allah mancatat pahalanya seperti pahala amal yang dikerjakannya sewaktu ia tidak bepergian atau sehat.” (HR. Bukhari).

Di dalam hadist lain, Rasulullah Saw bersabda yang menguatkan hadits di atas:

“Apabila seorang hamba sakit sedang dia biasa melakukan suatu kebaikan, maka Allah berfirman kepada malaikat: “Catatlah bagi hamba-Ku pahala seperti yang biasa ialakukan ketika sehat.” (HR. Abu Hanifah).



►Penyakit penyebab datangnya Pahala Kebaikan

Segala sesuatu yang terjadi pada manusia pasti ada hikmahnya. Seorang muslim yang sabar dalam menghadapi penyakit maka baginya pahala kebaikan.

Rasulullah Saw bersabda:

“Tiada seorang muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dosa.” (HR. Bukhari).

Di dalam hadits lain yang senada tentang ini, Rasulullah Saw bersabda:

Barang siapa dikehendaki oleh Allah kebaikan baginya, maka dia (diuji) dengan suatu musibah. (HR. Bukhari).



Penyakit penyebab Memperoleh Derajat Yang Tinggi di Sisi Allah SWT

Hal ini karena di dalam surga ada derajat tertentu yang harus dicapai, bila seorang muslim tidak mampu mencapainya dengan suatu amal, maka ia bisa mem¬peroleh derajat yang tinggi itu dengan musibah atau penyakit yang dideritanya, misalnya mati syahid merupakan kematian yang sangat mulia, dia bisa dicapai dengan cara berperang di jalan Allah dan mati pada saat peperangan itu, namun bila seseorang ingin memperoleh kematian yang mulia itu, tapi perang di jalan Allah secara fisik tidak terjadi, maka ia tetap bisa mendapatkan derajat mati syahid dengan penyakit yang menimpa sehingga menyebabkan kematiannya,

Rasulullah saw bersabda:

“Wabah adalah syahadah (mati syahid) bagi setiap muslim.”(HR. Bukhari)

Di dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda:

“Seorang hamba memiliki suatu derajat di surga. Ketika dia tidak dapat mencapainya dengan amal-amal kebaikannya, maka Allah menguji dan mencobanya agar dia dapat mencapai derajat itu.” (HR. Thabrani)

►Penyakit dapat mendatangkan Ganjaran Berupa Surga

Manakala seorang muslim menghadapi penyakit dengan penuh kesabaran, misalnya penyakit yang sangat menyulitkan penderitanya dalam kehidupan ini seperti buta matanya,

Rasulullah saw bersabda:

“Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan membutakan kedua matanya dan dia bersabar, maka Aku ganti kedua matanya itu dengan surga.” (HR. Ahmad).

Dengan demikian, meskipun tidak menyenangkan, sakit merupakan ujian yang dapat memberikan keutamaan dan manfaat yang besar, baik bagi si penderita maupun keluarganya. Oleh karena itu, penyakit harus dihadapi dengan sikap, pemikiran dan prilaku yang positif. Ingat hukum Law of Attraction, kalau kita selalu berlaku positif, maka yang hal positif tersebut Insya Allah akan datang ke kita. Misalnya ketika sakit kita berpikiran dan memasukkan ke alam bawah sadar “sehat, kuat, sabar!!”. Maka hal tersebut dapat mempercepat kesembuhan kita.



Hikmah Sakit

Sakit adalah kondisi yang tidak diinginkan oleh semua orang. Setiap orang ingin selalu sehat dan berupaya menjaga kesehatan. Namun, sakit kadang mesti diterima sebagai takdir dan cobaan. Setiap Muslim wajib percaya Allah SWT yang menurunkan penyakit, dan hanya Dia yang Mahakuasa menyembuhkan.

Rasulullah SAW bersabda,

”Berobatlah, Allah tidak mengadakan penyakit melainkan Ia mengadakan pula obatnya, kecuali satu penyakit. Sahabat bertanya, ‘Penyakit apakah?’ Dijawab, ‘penyakit karena tua’.” (HR Ahmad).

Sakit yang menimpa manusia mengandung hikmah di sisi Allah SWT. ”Setiap cobaan apa saja yang menimpa seorang Muslim, sampai sebuah tusukan duri, adalah karena salah satu dari dua sebab, yakni karena Allah hendak mengampuni kesalahannya yang tidak dapat diampuni melainkan dengan cobaan itu, atau Allah hendak memberi suatu kemuliaan yang tidak dapat dicapainya kecuali melalui cobaan itu.” (HR Ibnu Abi Dunya).

Dalam buku Etika Kedokteran dalam Islam karya Dr H Ali Akbar, diuraikan kewajiban orang sakit, yaitu berobat, mematuhi nasihat dan petunjuk dokter, sabar dan jangan gelisah, ingat kepada Allah SWT, menyadari hikmah sakit, bertobat, tetap berpengharapan sembuh, berwasiat (jika sakit keras), dan berbaik sangka kepada Allah SWT.

Islam juga mewajibkan berobat bila sakit. Sementara sang dokter diwajibkan mengobati pasien. Segala penyakit yang diderita seseorang tetap ada harapan untuk sembuh dengan izin Allah SWT tentunya, kecuali penyakit karena gejala umur dan sakit menjelang ajal.

Seorang ahli patologi terkemuka Inggris, Christine Galpin, mengatakan, ”Ilmu pengetahuan sangat sedikit mengetahui tentang ketuaan dan kematian.” Demikian pula dengan Imam Al-Qurthubi dalam kitabnya Tadzkirah Rahasia Kematian mengatakan, kematian adalah kafarat bagi seorang Muslim.

Dalam pengertian tersebut, sakit yang diderita seorang Mukmin menjelang akhir hayatnya dapat dipandang sebagai tanda Mahakasih Allah SWT. Diriwayatkan dari Abu Nu’aim bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya seorang Mukmin yang melakukan kesalahan lalu diperberat (sakitnya) pada saat kematian, niscaya kesalahannya itu dihapuskan. Seorang kafir yang melakukan kebajikan, dipermudah kematiannya sebagai balasan kebajikan yang telah dilakukannya.”

Mengunjungi dan mendoakan orang sakit sangat dianjurkan dalam Islam. ”Bila kalian berada dekat orang sakit atau baru meninggal dunia, ucapkanlah yang baik-baik, karena sesungguhnya malaikat akan mengaminkan apa-apa yang kalian ucapkan ketika itu.” (HR Muslim).

Selanjutnya patut diperhatikan makna hadis berikut, ”Janganlah salah seorang kalian meninggal dunia kecuali dalam keadaan sedang berbaik sangka kepada Allah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Agama Islam Yang Murni

Beragama islam yang murni

Firman Allah yang Maha Luhur:
1. Quran Surat Al Bayinah ayat 5

“Dan mereka tidak diperintah kecuali menyembah Allah dengan cara memurnikan Agama dengan niat karna Allah dengan condong …”.
2. Quran Surat Al Ghofar ayat 14

“Maka menyembahlah kalian kepada Allah dengan memurnikan agama dengan niat karena Allah, walaupun orang-orang kafir benci”.

Kemurnian Agama Islam bisa diukur dari 3 aspek:
Murni pedomannya yaitu Al Quran dan Al Hadist
Murni pengamalannya, berdasarkan tuntunan Allah dan Rasulullah SAW dalam Al-Quran dan Al-Hadist, tidak dicampuri bid’ah, syirik, tahyul, dan kemaksiatan/pelanggaran
Murni niatnya, niat karena Allah; semata-mata bertujuan ingin masuk Surga selamat dari neraka

Dalam Al Quran dan Al Hadist telah dimuat ketentuan-ketentuan, hukum-hukum dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan perintah atau larangan, halal atau haram, pahala atau dosa dan surga atau neraka.
Umat Islam yang beribadah kepada Allah dengan berpedoman murni pada Al Quran dan Al Hadist tidak dicampuri dengan perbuatan syirik, khurofat, tahayul dan maksiat serta didasari niat karena Allah, semata-mata tujuan mencari Surga Allah dan takut akan siksa Allah berupa Neraka dijamin;
PASTI BENAR,
PASTI SAH,
PASTI DITERIMA oleh ALLAH dan
PASTI MASUK SURGA
I. Murni Pedomannya: Al Quran dan Al Hadist

Al Quran dan Al Hadist adalah pedoman agama Islam yang diakui oleh seluruh umat Islam di dunia.
Al Quran

adalah firman Allah
Al Hadist

adalah sunnah Rosulullah yang terdiri dari semua ucapan dan perbuatan Rosulullah SAW dan semua pengakuan terhadap ucapan dan perbuatan para sahabat dan yang dicita-citakan oleh Rosulullah SAW.
Firman Allah yang Maha Luhur:
1. Quran Surat Al An’am ayat 153

“Dan sesungguhnya ini (Al Quran) adalah jalanKu yang benar maka ikutilah, dan janganlah mengikuti setiap jalan, maka akan tersesat kamu sekalian dari jalan Allah”.
2. Quran Surat Azzuhruf ayat 43

“Maka berpegang teguhlah dengan apa-apa yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad), sesungguhnya engkau berada di jalan yang benar”.
3. Quran Surat Al Hasr ayat 7

“Dan apa-apa (peraturan) yang Rasul datangkan pada kalian maka ambillah, dan apa-apa yang Rasul melarang maka jauhilah”.
4. Quran Surat An Nisa’ ayat 13

“Demikian itu undang-undang Allah. Barang siapa taat kepada Allah dan UtusanNya (Allah) akan memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir dari sekitar Surga beberapa sungai, mereka kekal di dalamnya. Demikian itu keuntungan yang luar biasa besar”.
Sabda Rosulullah SAW:
“Aku (Nabi) telah meninggalkan kepada kamu sekalian dua perkara. Kalian tidak akan tersesat (pasti benarnya) selagi berpegang teguh pada keduanya, yaitu Kitabillah (Al Quran) dan Sunah Nabi (Al Hadist)”.
Hadist riwayat Malik
“Maka sesungguhnya ini Al Quran ujungnya yang satu di tangan Allah dan ujung satunya di tangan kalian, maka berpegang teguhlah pada Al Quran. Maka sesungguhnya kalian tidak akan rusak selamanya (pasti selamat) dan tidak akan tersesat (pasti benar) bila berpegang tteguh pada Al Quran”.
Hadist riwayat Thobroni
“Mencari ilmu itu kewajiban bagi setiap orang Islam”.
Hadist riwayat Nasa’I dari Anas bin Malik
“Ilmu (yang wajib di cari) itu ada tiga, adapun selain dari tiga itu merupakan lebihan (tidak wajib dicari); ayat yang muhkam (Al Quran) Sunnah yang tegak (Al Hadist) atau ilmu faroid yang adil (ilmu pembagian waris)”.
Hadist riwayat Abu Dawud dari Abdulloh bin U’mar bin A’sh
II. Murni Amalannya

Tidak Bid’ah, Tidak Syirik, Tidak Tahayul, Tidak berbuat Maksiat dan dosa.
Tidak Bid’ah

Bid’ah menurut Imam Syaathibi adalah semua perbuatan yang diada-adakan, yang menyerupai syariat Agama Islam dengan tujuan untuk mengepolkan ibadah kepada Allah namun tidak ada dasar hukum dalam Syariat Agama Islam dalam Al Quran dan Al Hadist yang memperbolehkan.
Sabda Rosulullah SAW:
“Dan sejelek-jeleknya perkara (agama) adalah barunya perkara dan semua perkara baru dalam agama adalah bid’ah, dan semua bid’ah itu sesat dan semua kesesatan itu ke neraka”.
Hadist riwayat Nasa’I dari Jabir bin Abdullah
“Barang siapa yang memperbaharui perkara di dalam perkara agamaKu ini dengan sesuatu yang tidak ada di dalam perkara agama (tidak ada contoh/perintah dalam Al Quran dan Al Hadist) maka orang tersebut ditolak amalannya”.
Hadist Riwayat Bukhori dari Aisah
“Allah tidak menerima amalan orang yang masih mengerjakan bid’ah sampai ia meninggalkan bid’ahnya.
Hadist Ibnu Majjah dari Abdulloh bin A’bas
“Sesungguhnya barang siapa hidup setelah Aku (Nabi) maka ia akan menjumpai banyak perselisihan. Maka tetapilah sunahKu (Nabi) dan Sunahnya para Kholifah yang mendapatkan petunjuk dan benar. Berpegang teguhlah pada sunah-sunah tersebut dan gigitlah dengan gigi geraham (pegang teguh dengan kuat)”.
Hadist Riwayat Abu Dawud

Berdasarka sabda Rasulullah SAW di atas jelas bahwa amalan ibadah yang tidak didasarkan perintah Allah dan Rasulullah SAW, tidak ada contoh dari Rasulullah SAW, dan tidak ada jaminan kebenaran dari Allah dan Rasulullah SAW tidak diterima oleh Allah atau ditolak dan sia-sia.

Contoh-contoh amal ibadah yang tidak termasuk bid’ah karena ada jaminan kebenaran dari Allah dan Rasulullah SAW yaitu sunahnya para Khulafaa’ur roosyidin, seperti:
Salat terawih di bulan Ramadhan merupakan sunah yang dibuat oleh Umar bin Khatab dan sebelumnya Nabi SAW tidak pernah mencontohkan salat lail dikerjakan secara berjamaah.
Ustman bin Affan membuat sunah azan yang ketiga sebelum shalat Jum’at. yang mana sebelumnya azan sebelum salat Jum’at hanya dua kali yaitu Azan pertama da Qomat sebelum salat.
Tidak Syirik

Syirik adalah menyekutukan Allah (menyamakan) Allah dengan apapun dalam bentuk ucapan, amalan maupun keyakinan. Keyakinan bahwa ada kekuatan selain Allah yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia termasuk syirik.
Termasuk perbuatan syirik adalah:
Khurofat

Cerita-cerita bohong yang dianggap benar yang tidak ada dasarnya dalam Al Quran dan Al Hadist.
Tahayul

Cerita-cerita mistis, horor hasil angan-angan yang dijadikan kepercayaan dan keyakinan.
Firman Alloh yang Maha Luhur:
1. Quran Surat Azzumr ayat 65

“Dan sesungguhnya telah diwahyukan padamu (Muhammad) dan pada orang-orang (para Rosul) sebelumMu, sesungguhnya jika engkau syirik maka amalanmu akan lebur dan engkau tergolong orang yang rugi”.
2. Quran Surat Al Maidah ayat 72

“Sesungguhnya barang siapa yang berbuat syirik pada Allah maka sungguh-sungguh Allah mengharamkan padanya masuk Surga dan tempat orang tersebut adalah di neraka dan tidak ada penolong bagi orang-orang zalim”
3. Quran Surat Al An’am ayat 88

“Dan seandainya mereka berbuat syirik maka niscaya amal perbuatan mereka lebur”.
4. Quran Surat An Nisa’ ayat 116

“Sesungguhnya Alloh tidak akan mengampuni jika mereka menyekutukan padaNya ( Allah) dan Allah akan mengampuni dosa-dosa selain syirik pada orang yang dikehendaki dan barang siapa yang menyekutukan pada Allah maka benar-benar dia sesat dengan sesat yang jauh”.
III. Murni Niatnya:

Karna Allah, tujuan semata-mata ingin masuk surga selamat dari siksa neraka
Firman Alloh yang Maha Luhur:
1. Quran Surat Al Lail ayat 19-21

“Dan tidak ada bagi seseorang yang dibalas dengan kenikmatan Allah (Surga) di sisi Allah. Kecuali (amalannya) karena mencari wajah Allah Tuhannya yang Maha Mulya. Dan mereka akan senantiasa berbahagia”.
2. Quran Surat Al Isro’ ayat 57

“Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan mereka {1} siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya; sesungguhnya azab Tuhanmu adalah suatu yang (harus) ditakuti. ”.
Sabda Rosulullah SAW:
“Sesungguhnya Allah tidak akan menerima suatu amalan kecuali amalan itu murni dan didasari niat mencari wajahNya (Allah)”.
[Hadist riwayat Nasa i dari Abi Amamah]
“Sesungguhnya yang paling Aku (Nabi) khawatirkan terhadap umatku adalah syirik pada Allah. Ingatlah sesungguhnya tidak aku katakan mereka menyembah matahari, rembulan atau berhala akan tetapi beberapa amalan yang dikerjakan dengan niat tidak karna Allah dan ada keinginan lain yang tersembunyi (samar)”.
[Hadist riwayat Thobroni]
“Barang siapa mempelajari suatu ilmu yang semestinya ditujukan untuk mencari wajah Allah Azza wa Jalla namun ia tidak mempelajarinya kecuali untuk mendapatkan kekayaan dunia maka dia tidak akan mencium bau wanginya Surga pada hari kiamat”.
[Hadist riwayat Ahmad dari Abi Huroiroh]

Qur'an , Hadits dan Sains Modern



Qur-an tidak merupakan satu-satunya sumber doktrin dan hukum
Islam. Ketika Nabi Muhammad masih hidup dan sesudah beliau
meninggal, ada sumber tambahan yaitu tindakan-tindakan dan
ucapan-ucapan Nabi.

Informasi tentang tindakan dan ucapan Nabi tergantung kepada
tradisi mulut; orang-orang yang mengambil initiatif untuk
mengumpulkannya dalam suatu teks mengadakan penyelidikan
yang rumit jika tradisi lisan tersebut akan dijadikan
tulisan tentang kejadian-kejadian.

Dalam mengumpulkan informasi tersebut mereka sangat gigih
mencari kebenaran; hal ini dapat dibuktikan dengan fakta
bahwa dalam tiap riwayat mengenai kehidupan Nabi Muhammad
atau kata-katanya, terkumpul nama-nama orang-orang yang
mempunyai reputasi baik yang melaporkan riwayat tersebut,
dan urutan nama-nama itu menanjak sampai kepada keluarga
Nabi atau sahabat-sahabat yang menjadi sumber pertama
daripada informasi itu.

Dengan cara tersebut, muncullah kumpulan-kumpulan tindakan
dan ucapan-ucapan Nabi, yaitu yang biasanya dinamakan
"Hadits" arti kata itu adalah "kata-kata" tetapi yang
dimaksudkan ialah ucapan-ucapan dan tindakan.30

Kumpulan-kumpulan Hadits itu disiarkan beberapa puluh tahun
setelah wafatnya Nabi Muhammad; yang muncul pada abad
pertarna Hijriyah sangat terbatas. Kumpulan-kumpulan yang
lebih penting baru muncul dua abad sesudah Nabi Muhammad
wafat. Dengan begitu maka kumpulan Hadits yang memberi
informasi yang paling lengkap bukan kumpulan yang paling
dekat kepada zaman Nabi Muhammad. Kumpulan Bukhary dan
Muslim yang diselenggarakan lebih dari 200 tahun sesudah
wafatnya Nabi Muhammad memberikan dokumentasi yang terluas
dan paling dapat dipercayai. Kumpulan Bukhari dianggap yang
paling autentik setelah Qur-an. Haudas dan Marcais telah
menterjemahkannya ke dalam bahasa Perancis antara tahun 1903
dan 1904, dengan judul: Les Traditions Islamiques. Pada
akhir-akhir ini telah diterbitkan juga dengan teks Arab dan
terjemahan Inggris oleh Dr. Mohammad Muhsin Khan, dari
Universitas Islam di Medina. Dengan begitu Hadits dapat
dibaca oleh orang yang tak mengerti bahasa Arab. Tetapi kita
perlu bersikap sangat hati-hati terhadap beberapa terjemahan
yang dilakukan oleh orang-orang Barat termasuk orang-orang
Perancis, karena kita telah dapatkan kekeliruan yang tidak
merupakan terjemahan akan tetapi merupakan interpretasi;
malahan kadang-kadang mereka itu merubah arti Hadits
sehingga memberi pengertian yang tidak dimaksudkan.

Dari segi asal mulanya, orang dapat membandingkan
kumpulan-kumpulan Hadits itu dengan Injil. Kedua macam buku
itu mempunyai sifat yang sama, yaitu; pertama: telah ditulis
oleh pengarang-pengarang yang tidak merupakan saksi mata
kejadian yang mereka laporkan; dan kedua: telah ditulis
setelah lama kejadian-kejadian tersebut terjadi. Sebagaimana
halnya dengan Injil, Hadits-hadits itu tidak semuanya dapat
diterima sebagai autentik. Hanya jumlah kecil dipandang
autentik oleh ahli-ahli Hadits, dan dalam satu kumpulan kita
dapat menemukan Hadits-hadits autentik di samping Hadits
yang diragukan bahkan Hadits yang harus ditolak.

Berbeda dengan Injil-Injil empat, yang tidak pernah disangkal
oleh umat Kristen, kumpulan-kumpulan Hadits-hadits walaupun
yang dianggap paling autentik, pada suatu waktu dalam
sejarah Islam, telah merupakan sasaran kritik tajam dari
para ahli pikir Islam. Tetapi Qur-an, tetap menjadi buku
yang pokok dan tak dapat dipersoalkan lagi tentang
kebenarannya.

Saya menganggap penting untuk menyelidiki dalam kumpulan
Hadits-hadits tersebut, bagaimana di luar wahyu Ilahi,
Muhammad diriwayatkan telah membicarakan soal-soal yang
pengetahuan modern baru dapat membuka rahasianya pada
beberapa abad sesudahnya Saya sangat membatasi diri, dan
hanya penyelidikan Hadits yang biasanya dianggap paling
autentik, yaitu kumpulan Hadits Bukhari; sebabnya ialah
karena saya selalu berpikir bahwa karena Hadits-hadits itu
banyak yang disusun oleh para pengumpulnya menurut tradisi
oral, maka mereka dapat meriwayatkan fakta-fakta yang sama
akan tetapi dengan cara berbeda berhubungan dengan kesalahan
orang-orang yang meriwayatkannya. Hal tersebut berbeda
dengan Hadits yang diriwayatkan oleh rawi-rawi yang besar
jumlahnya sehingga dapat mencapai martabat Hadits autentik.

Saya menyelidiki pernyataan-pernyataan Hadits dalam hal-hal
yang pernah kita bicarakan tentang Qur-an dan Sains modern.
Hasil penyelidikan saya sangat jelas. Ada perbedaan yang
sangat besar antara pernyataan-pernyataan Qur-an yang cocok
jika dihadapkan dengan Sains modern dan pernyataan Hadits
dalam bidang sama yang sangat mudah dikritik.

Hadits yang merupakan tafsiran mengenai beberapa ayat Qur-an
kadang-kadang memberi penjelasan yang tak dapat diterima
sekarang.

Ada satu Hadits Bukhary yang menafsirkan surat 36 ayat 38
(Surat Yassin) yang telah kita bicarakan dalam fasal
Astronomi, dengan tafsiran sebagai berikut: "Ketika matahari
terbenam, ia sujud di bawah Arasy Tuhan. Matahari minta izin
untuk mengulangi perjalanannya, dan sujud sekali lagi.
Akhirnya ia kembali ke tempat dari mana ia datang dan bangun
kembali dari Timur." Teks aslinya adalah kabur dan sukar
diterjemahkan. (Kitab permulaan penciptaan, fasal 54, bab 4
no. 421). Bagaimanapun juga, Hadits tersebut mengandung
khayalan tentang perjalanan matahari dan hubungannya dengan
bumi. Sains telah menunjukkan bahwa yang benar adalah
sebaliknya isi Hadits tersebut. Jadi Hadits tersebut tidak
autentik.

Dalam fasal yang sama (Kitab permulaan penciptaan) fasal 54
bab 6 no. 430, terdapat keterangan tentang tahap-tahap
pertama daripada perkembangan embriyo. Keterangan tentang
waktu yang diperlukan oleh tahap-tahap itu terasa aneh; satu
tahap untuk mengumpulkan unsur-unsur yang menyusun manusia,
lamanya 40 hari, satu tahap di mana embryo itu merupakan
"sesuatu yang melekat" lamanya 40 hari, dan satu tahap di
mana embryo menjadi seperti daging yang dikunyah lamanya
juga 40 hari. Kemudian setelah campur tangan malaekat untuk
menentukan hari kemudian embryo itu, suatu ruh ditiupkan
dalam embryo tersebut. Gambaran perkembangan embriyo seperti
tersebut di atas tidak sesuai dengan Sains modern.

Kecuali dalam surat 16 (Nahl) ayat 69 yang menyebutkan bahwa
madu itu mengandung obat (tanpa menyebutkan untuk penyakit
apa), Qur-an tidak memberi tuntunan tentang pengobatan.
Tetapi Hadits memberikan tempat yang luas untuk soal
obat-obatan.

Dalam kumpulan Hadits Bukhary ada suatu bab khusus untuk
obat-obatan (bab 76). Dalam terjemahan Houdas dan Marcais
hal tersebut terdapat dalam jilid 4, halaman 62 s/d 91, dan
dalam bukunya Dr. Muhammad Muhsin Khan dengan terjemahan
Inggris terdapat dalam jilid 7 halaman 395 s/d 452.
Halaman-halaman tersebut memberi gambaran tentang
pendapat-pendapat orang pada waktu Hadits tersebut
dikumpulkan mengenai soal-soal yang berhubungan dengan
obat-obatan. Orang dapat menambahkan kepada hadits-hadits
dalam bab tersebut, hadits-hadits lain yang terdapat dalam
bagian-bagian lain daripada kumpulan Hadits Bukhary.

Dalam hadits-hadits yang saya sebutkan terakhir tadi,
terdapat pemikiran-pemikiran tentang sihir, mata jahat,
pengusiran setan dan lain-lain, walaupun Qur-an telah
membatasi hal-hal tersebut. Terdapat suatu hadits yang
mengatakan bahwa buah kurma dapat menjaga manusia dari
pengaruh sihir, dan dapat menyembuhkan gigitan binatang
berbisa.

Kita tidak perlu heran karena dalam zaman teknik dan
farmakologi belum maju, kita menemukan anjuran untuk
praktek-praktek yang sederhana atau obat-obatan alamiah
seperti cantuk (Hijamah) atau cara lain untuk mengeluarkan
darah kotor, mengobati luka dengan api, mencukur untuk
mengobati penyakit kulit, meminum susu onta, biji tertentu
atau tumbuh-tumbuhan tertentu, abu semacam tumbuh-tumbuhan
(untuk menghentikan darah keluar). Dalam keadaan yang
berbahaya, orang perlu menggunakan segala cara yang dapat
dilakukan, dan yang memang berguna. Tetapi saya rasa kurang
baik untuk menganjurkan minum kencing onta.

Kita juga kurang setuju dengan penjelasan-penjelasan
mengenai patologi. Di bawah ini beberapa contoh:

Asalnya penyakit panas badan: empat orang saksi menguatkan
pernyataan bahwa: panas badan itu datangnya dari api neraka
(Kitab pengobatan fasal 28).

Adanya obat bagi tiap-tiap penyakit, "Tuhan tidak menurunkan
penyakit kecuali ia juga menurunkan obatnya (Kitab
pengobatan fasal 1). Contoh konsepsi ini adalah Hadits lalat
(Kitab pengobatan, fasal 28 dan Kitab permulaan penciptaan,
bab 54, fasal 15, 16). Jika ada lalat jatuh dalam satu
wadah, lalat itu harus ditenggelamkan seluruhnya, karena
satu sayapnya mengandung racun, dan yang satu lagi
mengandung penawar, lalat mula-mula membawa racun kemudian
membawa obat.

Keguguran itu disebabkan karena si hamil melihat ular
tertentu (ular itu juga menyebabkan kebutaan). Ini
disebutkan dalam Kitab permulaan penciptaan, fasal 13 dan
14.

Mengeluarkan darah di luar waktu haid. Kitab Haid fasal 6
memuat Hadits tentang sebab mengeluarkan darah di luar waktu
haid (bab 16, 21 dan 28). Hal ini mengenai dua orang wanita.
Dalam satu kasus, tanpa perincian, mengenai symptom
tersebut, dinyatakan bahwa mengeluarkan darah itu sebabnya
karena suatu saluran darah ('irq); dalam kasus lainnya,
yaitu tentang seorang wanita yang mengeluarkan darah di luar
haid selama tujuh tahun. Di sini sebab yang sama dinyatakan
kembali. Orang dapat membuat hipotesa tentang sebab yang
sesungguhnya tentang symptom tersebut, tetapi mengingat
zaman Hadits Nabi Muhammad tersebut, kita tak dapat
menggambarkan bagaimana diagnosa tersebut didasarkan kepada
suatu argumen. Bagiamanapun juga hal ini mungkin juga benar.

Tak adanya penyakit menular, kumpulan Hadits Bukhary
menyebutkan dalam beberapa bagian dalam buku itu (fasal 19,
25, 30 31, 53 dan 54 kitab pengobatan, bab 76), kasus-kasus
khusus seperti lepra, pest, kolera, penyakit kulit onta, dan
juga penyakit menular secara umum. Pemikiran tentang hal-hal
tersebut mengandung pernyataan yang kontradiksi. Tetapi,
terdapat juga suara anjuran supaya orang jangan pergi ke
tempat di mana wabah pest berjangkit, dan supaya orang
menjauhi orang yang terserang penyakit lepra.31

Dengan begitu, kita dapat mengambil kesimpulan tentang
adanya hadits yang tak dapat diterima. Tetapi di samping
kesangsian tentang kebenaran hadits tersebut, dengan
disebutkannya di sini kita mendapat faedah yaitu bahwa
dengan memperbandingkannya dengan pernyataan ilmiah yang
terdapat dalam Qur-an, kita mengerti bahwa hadits-hadits
tersebut mengandung pernyataan yang tidak tepat. Konstatasi
ini mempunyai arti yang besar.

Kita harus ingat bahwa ketika Nabi Muhammad meninggal,
ajaran-ajaran yang diterima oleh para sahabat dari beliau
dapat dibagi menjadi dua kelompok:

Pertama, banyak pengikut Nabi yang hafal Qur-an seperti
beliau dan selalu mengulangi pembacaannya; di samping itu
terdapat tulisan-tulisan wahyu Qur-an yang dibuat waktu Nabi
Muhammad masih hidup, dan malahan sebelum hijrah.

Kedua, anggauta-anggauta dari sahabat-sahabatnya yang
terdekat, dan beberapa pengikutnya yang menyaksikan tindakan
dan kata-katanya, mereka itu memelihara apa yang mereka
saksikan atau dengarkan, dan menjadikannya sebagai sandaran
di samping Qur-an, untuk menetapkan doktrin dan hukum yang
sedang tumbuh.

Dalam tahun-tahun sesudah meninggalnya Nabi Muhammad,
teks-teks, tentang dua macam ajaran yang ia tinggalkan
bermunculan. Kumpulan Hadits yang pertama muncul 40 tahun
setelah Nabi meninggal, akan tetapi sebelum teks itu muncul,
Qur-an sudah dikumpulkan lebih dahulu pada zaman Abubakar
dan Umar. Utsman membuat teks definitif pada waktu ia
memerintah; yakni antara tahun 12 dan 24 sesudah Nabi
meninggal.

Yang perlu digaris bawahi adalah perbedaan antara kedua
macam teks dan segi sastra dan dari segi isi. Sesungguhnya
tak mungkin diadakan perbandingan dari segi style Qur-an dan
susunan tata Hadits. Dan lagi jika kita mernbandingkan isi
daripada dua teks tersebut dengan menghadapkannya kepada
hasil-hasil Sains modern, kita akan heran karena perbedaan
yang sangat besar. Saya harap saya telah berhasil
menunjukkan perbedaan antara:

Di satu pihak, pernyataan Qur-an yang sering kelihatan
remeh; tetapi jika diselidiki secara ilmiah dengan
hasil-hasil Sains modem akan ternyata bahwa
pernyataan-pernyataan itu menunjukkan hal-hal yang kemudian
dibenarkan oleh Sains.

Di lain pihak, beberapa pernyataan hadits yang kelihatannya
sesuai dengan cara berfikir pada waktu itu; tetapi
mengandung pernyataan-pernyataan yang sekarang tidak dapat
diterima secara ilmiah. Pernyataan-pemyataan tersebut
terselip dalam doktrin dan hukum Islam yang semua orang
menganggap autentik dan tak berani mempersoalkannya

Akhirnya, kita harus mengetahui bahwa sikap Nabi Muhammad
terhadap Qur-an sangat berbeda dengan sikap beliau terhadap
ucapan-ucapan beliau pribadi. Qur-an tidak merupakan
fatwa-fatwa beliau. Qur-an adalah wahyu Ilahi. Nabi menyusun
bagian-bagian Qur-an dalam waktu kurang lebih dua puluh
tahun dengan sangat hati-hati seperti yang sudah kita lihat.
Qur-an merupakan hal yang harus ditulis selama Nabi Muhammad
masih hidup. dan harus dihafalkan untuk dijadikan bacaan
sembahyang. Adapun Hadits yang disajikan sebagai hal yang
menunjukkan tindakan dan ucapan Nabi, hadits itu diserahkan
kepada pengikutnya untuk menjadi contoh dalam tindakan
mereka dan untuk ditulis sebagaimana mereka fahami. Ia tidak
memberi pengarahan dalam hal ini.

Oleh karena hanya jumlah tertentu daripada hadits dapat
dianggap secara pasti sebagai pemikiran Nabi Muhammad, maka
kebanyakan hadits hanya menunjukkan hal-hal yang dianggap
benar oleh orang-orang pada zaman dahulu, khususnya tentang
hal-hal ilmiah yang telah disebutkan dalam ketabiban. Dengan
membandingkan teks hadits dengan teks Qur-an, kita dapat
membedakan antara Qur-an dan hadits yang tidak benar dan
tidak autentik. Perbandingan ini menjelaskan perbedaan besar
antara tulisan-tulisan pada waktu itu yang penuh dengan
kekeliruan-kekeliruan ilmiah, dengan Qur-an, wahyu yang
sudah dibukukan dan yang bebas dari kesalahan-kesalahan
ilmiah.

Ketika penterjemah bertemu dengan pengarang dalam konferensi
pemikiran Islam di Aljazair pada bulan September 1978,
pengarang berpesan agar paragraf dibawah ini ditambahkan
dalam Bab Qur-an, Hadits dan Sains modern. Dalam cetakan
keenam, (bahasa Perancis) paragraf tersebut memang telah
dimuat.

Kebenaran Hadits dari segi keagamaan sama sekali tidak
menjadi persoalan. Tetapi jika Hadits itu membicarakan
soal-soal profane (bukan agama), maka tak ada perbedaan
antara Nabi Muhammad dan manusia lainnya. Sebuah Hadits
meriwayatkan pernyataan Nabi Muhammad sebagai berikut: "Jika
aku berikan perintah kepadamu mengenai agama, ikutilah, dan
jika aku menyampaikan sesuatu hal yang berasal dari
pendapatku sendiri, ingatlah bahwa aku adalah seorang
manusia." Al Saraksi dalam bukunya "al Usul" menafsirkan,
sebagai berikut: "Jika aku memberi tahu tentang hal agama,
kerjakanlah menurut keteranganku dan jika aku memberitahu
tentang soal-soal keduniaan, maka sesungguhnya kamu lebih
tahu tentang urusan keduniaanmu."

Tips Untuk Persiapan Mengajar

Agar sukses mengajar anak-anak pelajar sidi, tentu sebagai guru Anda perlu mempersiapkan diri. Keberhasilan pengajaran Anda sangat tergantung pada bagaimana cara Anda mempersiapkan diri. Anda tentu tidak mau murid-murid tahu bahwa Anda kurang persiapan bukan?

Nah, mungkin tips-tips berikut ini berguna bagi Anda yang mau mengajar sidi:

1. Meski Anda adalah seorang guru, tentu Anda perlu mempelajari materi yang akan Anda ajarkan nantinya. Maka, jangan bosan membaca buku pengajaran Anda. Luangkan waktu Anda sebanyak mungkin. Kalau sempat, pakailah waktu lima sampai tiga hari untuk mempelajari bahan pengajaran Anda.

2. Selain itu, Anda dapat mengulang kembali (repetisi) pelajaran yang sudah Anda ajarkan. Juga tidak ada salahnya membaca pelajaran selanjutnya yang akan Anda ajarkan. Ini sangat berguna bagi Anda dalam membangun komunikasi dengan murid Anda.

3. Sempatkan diri Anda untuk merenungkan ayat-ayat yang berhubungan dengan pokok yang akan Anda ajarkan. Jika Anda melakukannya, Anda akan dapat menerangkannya lebih jelas dan mendalam pada anak murid Anda.

4. Persiapkan tugas/PR dan ayat hapalan yang harus diselesaikan murid Anda sebelum mengajar. Ini bertujuan agar Anda tidak bingung mencari-cari PR yang berguna untuk memperdalam pengetahuan murid Anda.

5. Jika Anda menghidupi dan menghayati pokok pelajaran yang akan Anda sampaikan, Anda akan mampu menarik perhatian murid dan mampu menggugah hati mereka. Maka penghayatan Anda pada pokok pengajaran akan sangat penting.

6. Sangat baik jika Anda membuat jurnal (catatan) pengajaran Anda. Jurnal atau catatan pengajaran yang ditulis tangan atau di ketik pakai komputer bermanfaat agar Anda punya petunjuk arah saat mengajar. Bagaimana cara membuat jurnal pengajaran sidi? Kita akan membahasnya lain kali.

7. Tetaplah berdoa kepada Allah agar Ia menyiapkan diri Anda. Kita hendak mengajar anak agar mengarahkan hatinya pada Allah. Lalu, mengapa kita tidak lebih dulu mengarahkan hati pada Allah?

Demikian sedikit tips untuk para pengajar murid sidi (menyaksikan iman). Semoga bermanfaat.

10 Trik Dalam Belajar

1.Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
3. Mencatat pokok-pokok pelajaran Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
4. Hapalkan kata-kata kunci Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama- nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
5. Pilih waktu belajar yang tepat Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama loh. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
7. Bentuk Kelompok Belajar Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.
8. Latih sendiri kemampuan kita Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.
9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10. Sediakan waktu untuk istirahat Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru. Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur – tak perlu detail – berarti kita sudah paham.