November 20, 2011

Tips Untuk Persiapan Mengajar

Agar sukses mengajar anak-anak pelajar sidi, tentu sebagai guru Anda perlu mempersiapkan diri. Keberhasilan pengajaran Anda sangat tergantung pada bagaimana cara Anda mempersiapkan diri. Anda tentu tidak mau murid-murid tahu bahwa Anda kurang persiapan bukan?

Nah, mungkin tips-tips berikut ini berguna bagi Anda yang mau mengajar sidi:

1. Meski Anda adalah seorang guru, tentu Anda perlu mempelajari materi yang akan Anda ajarkan nantinya. Maka, jangan bosan membaca buku pengajaran Anda. Luangkan waktu Anda sebanyak mungkin. Kalau sempat, pakailah waktu lima sampai tiga hari untuk mempelajari bahan pengajaran Anda.

2. Selain itu, Anda dapat mengulang kembali (repetisi) pelajaran yang sudah Anda ajarkan. Juga tidak ada salahnya membaca pelajaran selanjutnya yang akan Anda ajarkan. Ini sangat berguna bagi Anda dalam membangun komunikasi dengan murid Anda.

3. Sempatkan diri Anda untuk merenungkan ayat-ayat yang berhubungan dengan pokok yang akan Anda ajarkan. Jika Anda melakukannya, Anda akan dapat menerangkannya lebih jelas dan mendalam pada anak murid Anda.

4. Persiapkan tugas/PR dan ayat hapalan yang harus diselesaikan murid Anda sebelum mengajar. Ini bertujuan agar Anda tidak bingung mencari-cari PR yang berguna untuk memperdalam pengetahuan murid Anda.

5. Jika Anda menghidupi dan menghayati pokok pelajaran yang akan Anda sampaikan, Anda akan mampu menarik perhatian murid dan mampu menggugah hati mereka. Maka penghayatan Anda pada pokok pengajaran akan sangat penting.

6. Sangat baik jika Anda membuat jurnal (catatan) pengajaran Anda. Jurnal atau catatan pengajaran yang ditulis tangan atau di ketik pakai komputer bermanfaat agar Anda punya petunjuk arah saat mengajar. Bagaimana cara membuat jurnal pengajaran sidi? Kita akan membahasnya lain kali.

7. Tetaplah berdoa kepada Allah agar Ia menyiapkan diri Anda. Kita hendak mengajar anak agar mengarahkan hatinya pada Allah. Lalu, mengapa kita tidak lebih dulu mengarahkan hati pada Allah?

Demikian sedikit tips untuk para pengajar murid sidi (menyaksikan iman). Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Jangan Lupa berikan coment
Terima kasih atas kunjungan anda