Desember 02, 2011

YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENJAGA DIRI DARI PELECEHAN SEKSUAL

Apa yang harus dilakukan remaja untuk menjaga diri dari pelecehan seksual/ perkosaan



1. DOA



2. SIKAP : Remaja harus memiliki sikap atau pendirian yang teguh , kuat dan kokoh dengan demikian remaja/ anak bisa memilihi pendirian yg kuat terhadap setiap faktor yg berpotensi melecehkan sehingga bisa menghancurkan atau merusak kesucian diri dan masa depan mereka



3.PENAMPILAN : Sering kali pelaku pelecehan seksual berdalih bahwa mereka terdorong melakukan pelecehan seksual oleh karena penampilan , terutama anak remaja perempuan kadang kadang seakan akan "mengundang" orang lain untuk melecehkan mereka.



4. KEBERANIAN : Remaja / anak harus berani melawan setiap bentuk pelecehan yang terjadi atas diri mereka . Kelemahan anak/ remaja adalah takut menceritakan dengan banyak alasan ( dan tentu bukan karena suka ) misal takut ancaman , malu , pelakunya orang dekat dan alasan lain sehingga di pelaku merasa aman.



5. TEGAS : Remaja . anak ajari ketegasan untuk menolak dengan tegas faktor faktor yang berpotensi menimbulkan pelecehan seksual. TERIAK apabila ada yg akan melakukan pelecehan sehingga mengundang perhatian yang lain.



6. KEMAMPUAN MEMBELA DIRI : Lengkapi anak remaja kita dengan kemampuan bela diri baik secara fisiologis maupun psikologis.Dengan demikian mampu membela diri dari bujuk rayu , maupun kekerasan fisik oleh orang orang yang ingin melecehkan mereka.



7. HINDARI BERDUAAN : memicu untuk pelaku melakukan pelecehan



8. HINDARI WILAYAH / JALAN GELAP / SEPI : terutama ketika berjalan kaki , ajak beberapa teman , jangan sendirian.



9. HINDARI TONTONAN / BACAAN / OBROLAN BERPOTENSI MENIMBULKAN HASRAT SEKSUAL ; ini adalah salah satu " pemicu " terjadinya pelecehan

seksual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa berikan coment
Terima kasih atas kunjungan anda